Jumat, 29 Desember 2017

Ceria-Mengisi-liburan

CERIA MENGISI LIBURAN

Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh kita semua adalah liburan. Kita terasa bebas dari rutinitas kegiatan yang terkadang menjemukan. Beberapa orang mungkin sudah merencanakan kegitan liburan dengan baik sebelum liburan tiba. Namun, ada juga  yang masih kebingungan dalam mengisi liburan.

Santai sejenak dari rutinas dan berekreasi menjernihkan pikiran tentu kebutuhan semua orang. Kegiatan ini dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan kesedihan. Liburan merupakan waktu yang tepat melakukan kegiatan ini.

Bagi yang memiliki dana lebih, sangat mudah mengisi liburan. Pergi rekreasi atau berbelanja ke mall bisa menjadi pilihan. Liburan terasa menyenangkan. Bagaimana dengan yang tidak memiliki dana lebih, apakah bisa mengisi dan menikmati liburan?.

Banyak program dan kegiatan yang ditawarkan oleh berbagai pihak dalam rangka mengisi kegiatan liburan. Dari yang berbayar sampai yang gratis banyak tersedia. Berbagai supermarket bahkan memberikan diskon besar untuk menarik pengunjung di masa liburan.

Kejelian memilih kegiatan saat liburan sangat diperlukan,sehingga tidak menimbulkan kekecewaan. Berikut ini adalah tips yang dapat dipersiapkan dalam mengisi liburan .
1.Siapkan dana liburan
Berlibur ke suatu tempat tentu perlu biaya, minimal biaya untuk transportasi. Siapkanlah dana khusus untuk liburan, sehingga kita tidak kebingungan masalah uang. Mulailah menyisikan uang untuk ditabung yang akan kita gunakan untuk liburan.
2.Cari info tempat wisata yang dapat dikunjungi
Banyak tempat wisata yang menarik untuk kita kunjungi. Sebelum kita berencana pergi ke suatu tempat, carilah info tentang biaya masuk, fasilitas dan rute menuju ke tempat tersebut. Informasi bisa didapatkan melalui internet atau tanya teman yang sudah pergi kesana.
3.Buat rencana liburan
Liburant anpa rencana kadang membuat kita kerepotan karena belum ada persiapan. Sebelum liburan tiba buatlah rencana  tempat yang akan dikunjungi  atau kegiatan yang akan dilakukan selama liburan.
4.Buat alternatif agenda liburan
Persiapkanlah rencana tempat wisata alternatif atau kegiatan alternatif sebelum liburan tiba. Jadi jika agenda atau kegiatan pertama tidak memungkinkan dilakukan, kita masih punya rencana berikutnya.
5.Bersihkan dan rapihkan rumah sebelum berlibur
Liburan membuat kita meninggalkan rumah cukup lama, oleh karena itu sebelum berlibur bersihkan dan rapihkan rumah. Rumah yang ditinggal berliburpun saat kita kembali tidak akan kotor dan hanya membutuhkan sedikit tenaga untuk membersihkannya dari debu.

Bagi kita yang belum punya persiapan liburan karena masih sibuk dengan tugas atau keterbatasan dana, liburan tetap bisa menyenangkan. Mengisi liburan tidak harus ke luar rumah. Liburan di rumah juga mengasikan jika kita bisa pintar-pintar mengisi kegiatan. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan selama liburan diantaranya :
1.Menata ulang perabotan di rumah
Penataan perabotan di rumah yang rapih dapat membuat suasana rumah nyaman. Gunakanlah waktu libur kita dengan menata ulang tata letak perabotan di ruang tamu, ruang keluarga dan kamar tidur. Penambahan hiasan dan ganti warna cat juga bisa dilakukan jika memungkinkan, tentu semakin membuat kita nyaman tinggal di rumah.
2.Mensortir barang yang sudah tidak penting
Barang-barang yang kita beli, sering kali menumpuk di lemari. Sering kali kita lupa dan tidak pernah digunakan. Alangkah baiknya barang tersebut dipilih dan disumbangkan kepada yang membutuhkan agar lebih bermanfaat. Selain itu menambah amal tabungan pahala bagi kita.
3.Merawat kebun
Kebun dan bunga sering kali kita lupakan saat kita sibuk bekerja. Sekarang lah saat yang tepat merawat mereka, tata ulang letak penyimpanan pot bunga dan buang tangkainya yang sudah mulai mengering agar semakin cantik.
4.Bersilaturahim dengan saudara dan teman
Berkumpul bersama saudara atau teman saat liburan sungguh sangat mengasyikan. Berbagi cerita dan tawa membuat semakin erat tali kekerabatan dan pertemanan. Mengundang mereka datang ke rumah kita untuk berkunjung juga bisa dilakukan.
5.Membaca dan menulis
Membaca dan menulis merupakan kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan ketika hari libur. Membaca memberikan banyak informasi dan pengetahuan yang dapat kita tuangkan menjadi tulisan. Dua kegiatan ini dapat mencerdaskan dan jika beruntung dapat menghasilkan uang.

Menikmati liburan dan bersantai saat liburan sah-sah saja dilakukan. Tapi harus diingat, jangan sampai berlebihan sehingga lupa mempersiapkan diri untuk menghadapi habisnya liburan. Jangan sampai keasyikan sehingga dana pun terkuras untuk mengisi liburan.

#onedayonepost                  
#nonfiksi
#artikel tema bebas
#secercahperjuangan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar