Kamis, 21 Desember 2017

Kampung wisata papangbon

KAMPUNG WISATA PAPANGBON

 



Rekreasi menjadi kebutuhan dasar bagi setiap manusia untuk menyegarkan pikiran setelah lama berkutat dengan kesibukan pekerjaan sehari-hari. Berbagai tempat rekreasi menawarkan banyak kenyamanan dengan harga bermacam-macam, kita tinggal memilihnya sesuai dengan dana yang kita miliki. Salah satu hal yang paling menyebalkan saat rekreasi adalah perjalanan yang melelahkan dan macet disepanjang perjalanan menuju lokasi. Hal tersebut tidak bisa dihindari apalagi saat musim liburan panjang. Kejelian memilih tempat lokasi sangat menentukan kenyaman. Sebelum memutuskan pergi ke lokasi rekreasi tertentu, sebaiknya kita mencari informasi tentang berbagai lokasi yang bisa kita kunjungi, sehingga kita tidak salah memilih dan akhirnya kecewa.


Salah satu tempat rekreasi yang murah dan mudah di jangkau bagi teman-teman di daerah Bogor adalah kampung wisata papangbon. Kampung wisata papangbon terletak di daerah lewiliang, tepatnya desa papangbon. Keindahan pemandangan berupa pegunungan dan sejuknya udara menjadi daya tarik tempat wisata ini. Bagi teman-teman yang malas bermacet ria menuju lokasi wisata seperti ke puncak, kampung wisata papangbon bisa dijadikan salah satu alternatif wisata. Papangbon merupakan kampung wisata yang dikelola oleh perhutani Bogor dengan melibatkan Masyarakat setempat. Kampung wisata ini hampir mirip dengan tempat wisata di Maribaya Bandung.  Beberapa fasilitas yang di tawarkan di rumah pohon papangbon ini adalah rumah pohon,curug sepeda, dan camping ground.





Waktu yang tepat pergi ke papangbon adalah pagi hari, sehingga kita bisa menikmati sejuknya udara pegunungan. Jika cuaca cerah kita juga dapat melihat tingginya gedung-gedung Jakarta dari bukit papangbon. Rute perjalanan ke rumah wisata papangbon tidak terlalu sulit, hanya memang dibutuhkan kendaraan yang sehat karena jalannya menanjak dan berkelok-kelok. Rute perjalanan bisa ditempuh dari IPB darmaga menuju kecamatan lewiliang dan terus  masuk ke desa papangbon. Tarif masuk ke papangbon murah sekali hanya 15 ribu rupiah. Tarip foto juga hanya 5 ribu rupiah per foto.

Bagi para sahabat yang tidak membawa kendaraan sendiri, tersedia angkutan berupa ojek motor pangkalan dengan tarip 15 ribu- 30 ribu tergantung kesepakatan. Kendaraan online seperti gojek memang tersedia saat kita pergi menuju ke lokasi, tetapi saat kita di pertengahan jalan sinyal akan menghilang dan kita akan kesulitan saat kembali ke bawah. Teman-teman yang akan berwisata ke papangbon sebaiknya membawa kendaraan sendiri, biar lebih nyaman dan tidak hawatir saat pulang. Dari kota Bogor, teman-teman melaju ke arah IPB darmaga kemudian berhenti di pertigaan karacak ke arah SMKN Pertanian lewiliang. Jarak tempuh dari kota bogor ke lokasi sekitar 2 jam  perjalanan. Lokasi kampung wisata papangbon belum masuk ke google map, mungkin karena sinyal yang susah sehingga belum ada yang memasukkannya. Bertanya ke penduduk di sepanjang perjalanan bisa menjadi alternatif menuju ke lokasi.
 










Makanan merupakan salah satu hal yang sangat penting saat rekreasi. Jangan hawatir, meskipun daerah papangbon sangat terpencil di atas gunung, beberapa masyarakat sekitar banyak menjajakan makanan yang enak dan pas di kantong.  Harga makanan di kampung wisata papangbon sangat murah meskipun biasanya harga makanan di tempat wisata pada umumnya 2x lipat dari harga di pasaran. Hal ini dilakukan agar para wisatawan merasa nyaman dan masyarakat sekitar juga terbantu. Selain itu kampung wisata papangbon ini masih baru, sehingga promosi dan harga murah menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung. Kebersihan kampung wisata papangbon juga terjaga dengan baik, membuat kita semakin betah berada di sini.

#onedayonepost
#nonfiksi
#reviewtempatwisata
  #secercahperjuangan.blogspot.com


8 komentar:

  1. Wah ... Viewnya bagus banget. Spot buat foto-foto boleh juga nih

    BalasHapus
  2. Aku juga baru tauu. Boleh nih kapan-kapan ke sini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo...kita grup odop copi darat. Mbk tinggal dimana?.

      Hapus
  3. seberapa murah kak jajanan di tempat wisatanya,, jadi pengen kan..wkwk

    BalasHapus
  4. Standar seperti harga di luar tempat wisata...ayo berkunjung ke bogor

    BalasHapus