Selasa, 12 Desember 2017

Kiat-hidup-sehat

KIAT SEDERHANA HIDUP SEHAT

Setiap orang pasti ingin badannya sehat dan jauh dari penyakit. Berbagai carapun dilakukan untuk mendapatkan badan yang sehat dan bugar. Sakit merupakan hal yang sangat dihindari dan ditakuti, karena saat badan sakit, semua yang bisa kita nikmati tidak terasa nikmat. Biaya besarpun harus dikeluarkan agar badan sehat kembali. Memiliki badan sehat sebenarnya sangat mudah. Kita hanya perlu menjaga pola makan yang baik.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tips menjaga kesehatan tubuh, sehingga badan kita sehat dan terhindar dari penyakit. Tulisan ini pun merupakan resolusi saya di ujung tahun 2017 dalam menjaga kesehatan. Harapannya di tahun 2018 kesehatan badan saya tetap terjaga meskipun usia sudah kepala 3. Berikut ini resolusi 2018 yang akan saya lakukan dalam menjaga kesehatan
1. Mengkonsumsi 2 liter air sehari
Air merupakan kebutuhan dasar setiap mahluk hidup. 90 persen tubuh kita terdiri dari air dan sangat tergantung dengan air. Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan proses metabolisme terganggu dan kerja organ tubuh tidak maksimal. Hal fatal bisa terjadi jika kita mengalami dehidrasi. oleh karena itu meskipun terlihat sepele, kita harus memastikan tubuh kita menerima asupan air minimal 2 liter sehari. Buatlah jadwal meminum air dalam sehari, sehingga kita terbiasa dan tidak kekurangan air. Bisa diatur minum 1 gelas air pada beberapa waktu yaitu pagi saat bangun tidur, siang saat makan siang, sore, menjelang tidur dan selebihnya saat kita haus dan ingat.

2. Menghindari begadang
Begadang yaitu sebuah istilah bagi seseorang yang tidur malam sangat larut, yaitu diatas jam 10 malam. Hal ini sering dilakukan oleh para pekerja yang sibuk dan tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Kebiasaan begadang sangat tidak baik bagi kesehatan. Penurunan fungsi organ tubuh akan menurun dengan cepat. Hal ini terjadi karena tubuh yang lelah dan harus istirahat dipaksa bekerja. Dampak buruk dari begadang memang tidak akan terasa langsung, hal ini akan terasa saat usia kita 40 tahun, dimana kerja organ tubuh mengalami penurunan. 

3. Olahraga ringan 15 menit sehari
Semua orang tahu bahwa olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh, tetapi tidak semua orang melakukan olahraga. Alasan sibuk menjadi pembenaran untuk tidak melakukan olahraga. Pemaksaan diri untuk berolahraga harus dilakukan karena banyak manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga. Beberapa manfaat tersebut diantaranya (a) membuang racun dalam tubuh / detoksifikasi, (b) mengembalikan pemulihan kerja organ tubuh dan (c) memberikan asupan oksigen bagi tubuh.

4. Diet karbohidrat
Penduduk indonesia terkenal dengan makanan pokok nasi yang kaya karbohidrat. Ada kelakar yang mengatakan orang Indonesia belum makan, bila belum mengkonsumsi nasi meskipun sudah memakan 2 buah roti. Mengkonsumsi karbohidrat baik selama tidak berlebihan, karena Karbohidrat merupakan zat gizi sumber energi utama bagi tubuh. Masalah akan timbul saat kita mengkonsumsi karbohidrat berlebihan, karena akan disimpan dalam bentuk glikogen dalam tubuh dan bisa menyebabkan penyakit seperti diabetes. Hal ini karena dalam karbohidrat terdapat amilum dan gula. Cara aman mengkonsumsi karbohidrat adalah mengurangi nasi saat makan utama, karena kadang tanpa sadar kitapun mengkonsumsi cemilan yang mengandung karbohidrat. Dan alangkah baiknya cemilan kita adalah buah kaya vitamin A dan C.

5. Mengistirahatkan mata 2 jam sekali
Teknologi sangat membantu kita dalam melakukan banyak hal. Bekerja menggunakan komputer dan komunikasi menggunakan hand phone (Hp) adalah hal yang biasa dilakukan. Sebagian besar waktu kita dihabiskan dengan kedua alat teknologi tersebut,sampai lupa waktu. Tanpa kita sadari, mata kita menerima dampak negatif dan dapat mengalami kerusakan. Untuk menjaga kesehatan mata, alangkah baiknya setiap 2 jam sekali kita mengistirahatkan mata kita dari layar monitor komputer, hp dan televisi.


Itulah beberapa resolusi Saya dalam menjaga kesehatan tubuh. Niat baik tanpa diiringi usaha dan kerja keras tentu percuma. Semoga Saya dan Anda semua mempunyai tekad dan komitmen untuk hidup sehat mulai detik ini. Semuanya niatkan dalam rangka ibadah kepada Allah SWT dalam menjaga amnah-NYA

#onedayonepost
#nonfiksi
#resolusi2018

3 komentar:

  1. Mantap nih resolusi sehatnya di tahun 2018.
    Benar mbak Desi. Jelang usia 40 tahun, tubuhku juga mulai mengalami penurunan kerja organ tubuh. Gampang lelah juga.

    Boleh deh kutiru resolusinya ya ^^

    BalasHapus
  2. Istirahat mata hal yang sering saya lupakan. Terima kasih info dan tips kesehatannya mbak

    BalasHapus
  3. hmmm diet karbo ini yang masih sulit saya lakukan..hiks

    BalasHapus