Jumat, 12 Januari 2018

tips terampil berkomunikasi

TIPS TERAMPIL BERKOMUNIKASI
Oleh : Desi Diana,M.Pd



Pernah tidak ngerasa komunikasi kita tidak nyambung ?.  Mengalami bingung mau ngomong apa saat diberi kesempatan berbicara di depan umum?. Atau kita tidak mengerti apa yang dibicarakan seseorang?. Semua itu adalah masalah dalam komunikasi.

Keterampilan berkomunikasi sangat penting kita kuasai. Di abad 21, kecanggihan alat komunikasi tidak akan berguna jika kita tidak menguasai satu keterampilan ini. Seseorang akan tertarik menjalin kerjasama dengan orang yang pandai berkomunikasi. Oleh karena itu, kembangkanlah keterampilan berkomunikasi kita, sehingga kita mudah diterima oleh banyak kalangan.

Sering terjadi perselisihan yang diakibatkan oleh komunikasi. Persahabatan yang sudah lama terbina menjadi berantakan karena salah dalam berkomunikasi. Perceraian suami istri juga bisa terjadi karena komunikasi yang tidak efektif. Penjelasan guru sulit dimengerti siswa, juga bisa karena kesalahan dalam berkomunikasi.

Banyak hambatan dan kesalahan dalam berkomunikasi yang menimbulkan komunikasi tidak berjalan efektif. Kesalahan yang sering terjadi diantaranya salah tanggap terhadap isi komunikasi, isi komunikasi yang negatif dan cara penyampaian yang tidak tepat. Hal tersebut harus kita hindari dan atasi secepatnya, sehingga tidak berdampak lebih buruk lagi.  

Berbicara dianggap anugrah yang diperoleh secara mudah dari Tuhan. Begitu juga komunikasi, dianggap akan bisa dengan sendirinya tanpa dipelajari. Komunikasi tak perlu dilatih dan sudah bakat yang melekat. Buanglah jauh-jauh anggapan seperti itu.

Anggapan seperti itu sangat keliru. Komunikasi adalah sebuah keterampilan hidup yang bisa dikembangkan. Berlatih dan memperbaiki komunikasi dapat membuat kita ahli dalam berkomunikasi. Ayo mulai kembangkan diri  kita dengan mengasah keterampilan berkomunikasi.

Banyak pelatihan yang menawarkan kemampuan berkomunikasi ala pembicara terkenal. Biaya yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari harga puluhan sampai jutaan. Peluang pasar yang sangat menggiurkan bagi para pengusaha.

Mau tau cara mengasah keterampilan berkomunikasi?. kalau mau, ikutilah tips dibawah ini.
1.  Lihat dan contoh orang yang pandai berkomunikasi
Banyak orang yang pandai berkomunikasi. Dalam kehidupan sehari-hari atau di tayangan TV kita sering melihat mereka. Tiru dan duplikatlah orang yang pandai berkomunikasi tersebut. Jadikan mereka model dan carilah kelebihan mereka dalam berkomunikasi. Gabungkan kelebihan mereka dan terapkan pada diri kita, sehingga kita menjadi lebih baik dari mereka.

2.  Membaca buku komunikasi
Membaca buku tentang keteraampilan berkomunikasi juga penting kita lakukan. Semakin banyak teori dan ilmu komunikasi akan membuat kita semakin percaya diri. Bacalah buku berisi kiat praktis komunikasi efektif dari pembicara hebat. Mereka tentu banyak pengalaman berharga uuntuk kita pelajari dan praktekan.

3.  Berlatih berkomunikasi
Komunikasi adalah sebuah keterampilan yang bisa kita pelajari. Banyak berlatih dapat membuat kita semakin terampil berkomunikasi. Sebagai latihan awal, kita bisa menggunakan cermin dalan berkomunikasi dengan cara monolog. Berlatih berbicara dengan hewan peliharaan juga bisa kita lakukan. Setelah merasa lebih percaya diri kita bisa melakukanya dengan orang lain.


4.  Praktek berkomunikasi
Kelebihan komunikasi para ahli komunikasi yang sudah kita ketahui harus kita praktekan dalam berkomunikasi. Keterampilan berkomunikasi membutuhkan pelatihan dengan kita mempraktekannya. Semakin sering kita berkomunikasi maka semakin baik kualitas komunikasi kita

5.  Minta masukan dari lawan bicara
Teman sebagai lawan  kita berkomunikasi pasti tahu kelebihan dan kekurangan diri kita. Mintalah mereka menyebutkan kelemahan kita dalam berkomunikasi. Selain itu, minta juga saran dari mereka bagaimana caranya kita bisa berkomunikasi dengan baik.


#onedayonepost
#nonfiksi
#temabebas
#secercahperjuangan.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar