Rabu, 03 Januari 2018

Tips menulis

TIPS MENULIS
Oleh Desi Diana,M.Pd

Pernahkah saat menulis kamu kehilangan kata yang akan dituliskan?. Pikiran terasa macet, dan berhari-hari males menulis?. Kalau pernah, berarti kamu tidak sendirian, semua pernulis pernah mengalaminya.

Kesulitan menuangkan ide dan rasa jenuh melanda saat menulis merupakan hal yang wajar. Bahkan penulis buku best seller pun pernah mengalaminya. Jadi jangan cemas, yang penting kamu tidak berlama-lama dalam keadaan seperti itu. Cukup sehari atau dua hari mengistirahatkan pikiran sejenak. Nikmati hidup dan keluar dari rutinitas menulis. Temukan kembali semangat menulis dari apa yang kita lihat, dengar dan rasakan.

Menulis sebagai aktivitas menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan tentu membutuhkan banyak kosakata. Kosa kata tersebut tidak akan muncul dengan sendirinya ke dalam pikiran kita jika kita tidak menambahkannya. Ketika  kosa kata sudah berkurang ,saat itulah kita akan merasakan kebuntuan dalam menulis.

Kreatifitas sangat  dibutuhkan oleh para penulis. Mengelola pikiran dan emosi juga sangat penting dilakukan oleh para penulis. Jangan samapi menulis tergantung mood sehingga karya yang dihasilkan minim dan tidak berkelanjutan. Jangan sampai kita dikenal sebagai mantan penulis.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengembalikan semangat menulis. Beberapa tips dari para penulis dapat juga kita jadikan rujukan, karena pengalaman dari para sesama penulis biasanya akan lebih bermakna. Berikut ini merupakan tip yang dapat digunakan saat kita jenuh menulis atau  mengalami kebuntuan menuangkan ide.

1. Istirahatkan pikiran
Pikiran manusia sama seperti mesin yang jika terlalu lama dipakai dia akan mengalami kerusakan. Istirahatlah sejenak dari kegiatan menulis, nikmati indahnya hidup dengan melakukan kegiatan lain yang mampu menghibur diri. Bercanda bersama keluarga. Mendengarkan musik, belanja, menikmati indahnya alam dapat dijadikan salah satu pilihan.
2. Bersilaturahim dengan teman-teman penulis

Bergabung dengan sesama penulis dalam sebuah komunitas banyak mendapatkan keuntungan. Berkunjung dan berbicara dengan sesama penulis dapat membantu kita menghilangkan rasa jenuh dalam menulis. Beberapa tips dapat kita peroleh dari mereka secara nyata bukan hanya sekedar teori, sehingga kita pun bisa termotivasi dan semangat kembali.

3. Banyak membaca
Banyak membaca akan membuat kita banyak menulis, itu sudah hukum alam. Tidak mungkin kita bisa menuangkan banyak kata jika kita tidak pernah memasukan banyak kata dalam pikiran kita. Berbagai informasi dan ide akan banyak kita temukan saat membaca. Membaca di sini bisa dengan cara membaca buku, situasi, dan pikiran orang lain. Tuangkanlah informasi yang kita daptkan tersebut dalam sebuah tulisan yang menarik. 

4. Mendengarkan berita
Informasi yang kita peroleh sangat membantu dalam proses menulis. Semakin banyak informasi, semakin banyak ide tulisan yang akan kita buat. Mendengarkan berita di televisi bisa jadi salah satu inspirasi untuk kita membuat tulisan yang aktual dan terpercaya.

5. Mengikuti kegiatan penulisan
Pelatihan menulis sangat bermanfaat kita ikuti, untuk mengembangkan keterampilan kita dalam membuat sebuah tulisan yang menarik dan enak di baca. Perkembangan teknologi dan ilmu kepenulisan semakin hari semakin berubah. Beberapa metode dan teknik kepenulisan bisa kita dapatkan ketika mengikuti pelatihan. Beberapa tips membuat buku best seller kemungkinan bisa juga kita dapatkan. Jangan pernah bosan dan lelah untuk mengembangkan diri jika kita ingin semakin produktif menulis. Pikiran dan akal kita layaknya sebuah pisau yang harus diasah dengan mempelajari ilmu pegetahuan dan keterampilan.

Semoga lima tips menghilangkan kejenuhan menulis di atas dapat membantu kita semua menjadi penulis yang produktif. Jika ada yang mau menambahkan dipersilahkan dan sangat dinantikan, demi kebaikan para penulis.



#onedayonepost
#nonfiksi
#temabebas
#secercahperjuangan.blogspot.com


5 komentar:

  1. Saya pun sering mengalaminya. Mandeg ngak tahu mau nulis apa. Biasanya saya akan buat salah satu di antara tips yg diberikan di atas.

    BalasHapus
  2. terima kasih sharingnya mb.
    Saya tidak bisa membaca pikiran orang lain seperti poin 3.😊

    BalasHapus
  3. Bener banget ini mbak. Kadang kalau sudah jenuh, jadi males nulis. Dan kalau udah males nulis mau mulai nulis lagi jadi susah. Terima kasih tipsnya mbak

    BalasHapus
  4. Mendengar berita ini yang saya jarang lakukan. TV disabotase anak terus

    BalasHapus
  5. Makasih tips nya.
    Kalo lagi mandeng deg deg..saya pilih tidur mbak..hehehe

    BalasHapus