Kamis, 04 Januari 2018

Resensi buku non fiksi

Resensi buku
MENJELAJAH TATA SURYA
Oleh Desi Diana,M.Pd


Judul buku : Menjelajah Tata surya dengan Literasi STEM
Pengarang : Desi Diana,M.Pd
Penerbit : Situseni
Tahun terbit : 2017
Jenis Buku : Buku pelajaran
Harga buku : Rp 60.000

Buku menjelajah tata surya dengan literasi STEM (sains,teknologi, enjenering dan matematika) merupakan buku bahan ajar yang berisi materi IPA. Buku ini sangat cocok digunakan oleh guru dan pelajar yang ingin memahami lebih dalam materi tata surya. Pendekaatan yang digunakan dalam buku ini yaitu literasi STEM merupakan pendekatan pembelajaran yang masih baru dan belum banyak digunakan. Penggunaan pendekatan ini membuat daya tarik tersendiri untuk buku ini, karena Literasi STEM merupakan pendekatan yang populer digunakan di negara maju seperti Amerika, Jepang, Australia dan Korea. 

Di pasaran belum tersedia buku yang mengintegrasikan literasi STEM dalam buku ajar. Buku sejenis yang membahas tata surya hanya membahas konsep sains, teknologi, enjenering dan matematika secara terpisah-pisah, sehingga pelajar tidak memahami materi secara utuh.

Pembahasan tata surya pada buku ini disajikan dalam 6 bab. Setiap bab tersebut  membahas teori tata surya, berbagai macam planet di tata surya, bumi sebagai planet, bulan sebagai satelit, gerhana matahari dan bulan, dan penjelajahan antariksa.

Tata letak gambar dan teks pada buku ini cukup artistik dan indah dilihat. Gambar dan warna yang digunakan dalam buku ini membuat tampilan buku ini menarik dan tidak membosankan untuk dibaca. Penyajian fenomena alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang ditampilkan di buku ini, membuat rasa ingin tahu pembaca terhadap isi buku menjadi semakin besar.

Tampilan setiap bab pada buku ini terdiri dari tiga  bagian yaitu pendahuluan, isi materi dan penutup. Bagian pendahuan  berisi kompetensi isi, tujuan pembelajaran dan istilah penting. Bagian isi merupakan penjelasan materi yang disusun menjadi sub bab. Bagian penutup berisi rangkuman materi yang memudahkan pembaca memahami isi buku. Selain itu, bagian penutup juga berisi soal-soal latihan yang dapat mengukur pemahaman pembaca terhadap isi buku.

Tujuan pembelajaran pada buku ini bukan hanya meningkatkan pengetahuan pembaca saja. Terdapat tiga aspek tujuan pembelajaran yang diharapkan tercapai melalui penggunaan buku ini. Tiga aspek tersebut yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap, sesuai tuntutan kurikulum 2013.
Pengetahuan pembaca dapat semakin bertambah dengan membaca informasi yang disajikan tentang tata surya. Keterampilan pembaca dapat juga bertambah dengan melakukan kegiatan proyek membuat produk tata surya yang prosedurnya disajikan di buku ini. Sikap spiritual, ilmiah dan sosial pembaca juga dapat terbentuk karena di setiap awal bab disajikan ayat-ayat yang mengingatkan akan kebesaran Tuhan.

Setiap karya tiada yang sempurna, begitupun dengan buku ini. Penyajian prosedur percobaan yang terlalu singkat membuat pemahaman pembaca dapat berbeda-beda. Kreatifitas dan keuletan dari pembaca menjadi faktor keberhasilan produk yang akan dibuat. Soal yang disajikan pada tiap ahir bab cukup menarik karena mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi  yang dikenal dengan HOT (high other thiking). Tetapi, bagi pembaca yang belum terbiasa  menghadapi soal berbentuk HOT akan kesulitan menjawab soal yang diberikan.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan yang terdapat di buku ini. Buku ini sangat sesuai digunakan oleh guru dan pelajar sebagai buku pegangan. Buku ini juga sangat bagus dijadikan referensi bagi semua pihak yang ingin memperdalam materi tata surya. Pengintegrasian literasi STEM dalam buku ini juga bisa dijadikan bahan pembelajaran bagi semua pihak yang ingin mengenal literasi STEM dan mempraktekkannya dalam pembelajaran.



#onedayonepost
#nonfiksi
#Resensibukunonfiksi
#secercahperjuangan.blogspot.com


4 komentar: