Jumat, 26 Januari 2018

kiat mengajar efektif



Kiat Mengajar Efektif

Oleh: Desi Diana,M.Pd




Kegiatan belajar mengajar merupakan proses mentransfer ilmu, sikap dan keterampilan terhadap siswa.  Tujuan akhirnya adalah siswa tahu, paham dan bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatnya dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya pengetahuan, sikap dan keterampilan mereka menjadi lebih baik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Namun, kenyataannya setelah proses pembelajaran selesai, banyak sekali siswa yang belum tahu, belum paham dan belum bisa mempraktekan ilmu yang dipelajarinya dalam suatu pelajaran. Pengetahuan, sikap dan keterampilan mereka pun hampir sama dengan sebelum mengikuti pembelajaran. Apa yang membuat hal tersebut terjadi ?.

Sering kali siswa disalahkan jika pencapaian tujuan belajar belum tercapai. Kita sebagai guru jarang introspeksi diri dan menyalahkan orang lain atas kegagalan dalam proses pembelajaran. Rendahnya minat belajar siswa, aktivitas siswa di dalam kelas dan jarangnya siswa mengulang materi di rumah sering kali dijadikan penyebab utama rendahnya nilai siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan guru seolah sudah baik dan tidak ada kesalahan.

Sudah saatnya kita sebagai guru tidak menyalahkan siswa atau fasilitas sekolah yang terbatas. Lihatlah persiapan kita dalam merencanakan pembelajaran apakah sudah optimal?. Lihat juga pelaksanaan proses pembelajran di kelas apakah sudah sesuai dengan yang di rencanakan?. Efisien dan efektifkah model dan media yang kita gunakan?. Selain itu lihat juga sistem penilaian kita apakah sudah sesuai dengan prosedur penilaian?.

Semua guru tentu ingin proses pembelajaran berjalan efektif. Ciri pembelajaran efektif salah satunya adalah tercapinya tujuan pembelajaran. Indikator dari tercapainya tujuan pembelajaran adalah terdapat perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa. selain itu ciri pembelajaran efektif adalah siswa senang mengikuti kegiatan pembelajaran dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang materi yang diajarkan.

Pembelajaran efektif akan tercapai jika kita sebagai guru mau berdamai dengan keadaan. Menerima setiap keterbatasan yang terdapat dalam diri siswa. menggunkan fasilitas yang terbatas seoptimal mungkin. Melihat semua potensi yang ada pada siswa untuk dikembangkan. Merubah gaya mengajar dan melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan agar pembelajaran kita  efektif  :

1.     Merencanakan proses pembelajaran seoptimal mungkin
Perencanaan dalam proses pembelajaran sangat penting dilakukan. Sukses dan gagalnya pembelajaran sangat ditentukan oleh perencanaan. Meskipun perencanaan membutuhkan waktu yang banyak, janganlah malas untuk membuat perencanaan. Buanglah kesan ribet dalam pikiran kita. Rencana pembelajaran yang sering dituangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) perlu kita buat sendiri dengan memperhatikan kompetensi dasar dari materi yang akan kita ajarkan. Anggapan bahwa guru jaman dulu, sukses mengajar tanpa diribetkan dengan RPP buanglah jauh. Zaman sudah berbeda, tantangannya juga berbeda begitu juga dengan persiapan pembelajaran yang tentu harus berbeda dengan jaman dahulu kala.

2.     Menggunakan media yang tepat
Pemilihan media pembelajaran harus kita persiapkan jauh hari sebelum melaksanakan pembelajaran. Analisis lah setiap kompetensi dasar pelajaran dan sesuaikan dengan media pembelajaran. Tentukan apakah media pembelajaran berbasis teknologi atau non teknologi yang akan kita pakai?. Apakah berupa alat peraga atau hanya berupa gambar?. Jangan lupa uji coba terlebih dahulu media yang akan kita gunakan sebelum digunakan, sehingga tidak terjadi kesalahan saat pelaksanaan pembelajaran.

3.     Menggunakan model dan pendekatan yang bervariasi
Tidak ada pendekatan dan model pembelajaran paling baik. Semua pendekatan dan model pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sesuaikanlah dengan materi yang akan kita ajarkan. Gunakanlah berbagai model pembelajaran, agar suasana pembelajaran tidak monoton.

4.     Mengenali gaya belajar siswa
Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Kita harus mengenali gaya belajar setiap siswa. Ada tiga gaya belajar siswa yaitu visual, audio dan kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual akan lebih mudah memahami materi yang disajikan dalam bentuk tulisan atau gambar. Siswa yang memiliki gaya belajar audio lebih mudah memahami materi yang disajikan dalam bentuk suara seperti penjelasan guru, atau rekaman. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik akan mudah memahami materi dengan melakukan sesuatu seperti praktek. 

Setiap siswa biasanya memiliki beberapa gaya belajar, tetapi hanya satu gaya belajar yang lebih menonjol. Sesuaikanlah gaya mengajar kita dengan gaya belajar mereka. Gunakan berbagai gaya mengajar yang dapat memenuhi semua gaya belajar siswa. Rancanglah pembelajaran yang berbeda-beda sehingga setiap siswa merasa terlayani dengan baik.

5.     Menyiapkan bahan ajar
Bahan ajar merupakan rancangan materi yang disusun oleh  guru untuk digunakan dalam poses pembelajaran. Bahan ajar sangat penting dalam proses pembelajaran, karena semua materi ajar yang akan disampaikan oleh guru terdapat dalam bahan ajar. Bahan ajar yang baik adalah bahan ajar yang disusun sendiri oleh guru, karena gurulah yang lebih tahu karakteristik siswanya.

Pembuatan bahan ajar dapat dilakukan guru dengan melihat KD dan membaca berbagai materi dari berbagai sumber yang kemudian ditulis ulang oleh guru. Penyusunan bahan ajar oleh guru akan memudahkan guru dalam melakukan pembelajaran. Selain itu, siswa juga dapat belajar mandiri dengan membaca di rumah bahan ajar yang di susun gurunya.

6.     Melaksanakan proses pembelajaran sesuai rencana
Perencanaan yang baik akan menjadi sia-sia jika tidak dilaksanakan. Waktu dan pemikiran yang dilakukan terasa percuma. Cobalah untuk komitmen melaksanakan apa yang sudah kita rencanakan. Sebelum masuk kedaalm kelas, bacalah RPP yang sudah kita buat dan laksanakan sesuai rencana yang telah kita buat.

Sedikit perbedaan pelaksanaan pembelajaran dengan RPP yang kita buat tidak masalah. Kita fleksibel saja jika saat pelaksanaan jika ternyata ada beberapa hal yang tidak dapat kita lakukan atau ada sedikit perubahan di luar dugaan kita.


7.     Melakukan proses penilaian autentik
Salah satu proses dari pembelajaran adalah melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Penilaian merupakan proses pengumpulan informasi hasil belajar siswa dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Penilaian aspek pengetahuan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami dan menangkap materi yang telah disampaikan oleh guru. Penilaian aspek sikap dilakukan untuk mengetahui perubahan nilai dan tingkah laku siswa selama dan setelah mengikuti pembelajaran. Penilaian keterampilan dilakukan untuk mengetahui keterampilan yang dukuasi siswa setelah pembelajaran.

Penilaian yang baik adalah penilaian autentik, yaitu penilaian yang tidak hanya difokuskan pada hasil belajar tetapi juga proses pembelajaran.  Penilaian autentik dilakukan melalui tiga pendekatan yaitu penilaian untuk pembelajaran, penilain sebagai pembelajaran dan penilaian di akhir pembelajaran.
Proses penilaian untuk pembelajaran (assesment for learning) dilakukan selama proses pembelajaran yang bertujuan untuk melakukan perbaikan proses pembelajaran. Melalui penilaian ini, guru dapat memperbaiki kekurangannya selama pembelajaran. Bentuk penilaian yang dilakukan biasanya penilaian formatif seperti pemberian tugas dan kuis.

Penilaian sebagai pembelajaran (asssment as learning ) sama seperti penilaian untuk pembelajaran yang dilakukan selama proses pembelajaran. Tetapi pada penilaian sebagai pembelajaran siswa dilibatkan dalam proses penilaian  dirinyas endiri atau teman sekelasnya. Bentuk penilaian nya adalah penilaian diri sendiri ( self assessment) dan penilaian antar teman (peer assessment) dengan mengisi angket.

Penilaian akhir pembelajaran (assessment of learning) merupakan penilaian yang dilakukan setelah proses pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengetahui pencapaian pembelajaran. Penilaian ini biasa dilakukan oleh guru untuk mengetahui hasil belajar siswa. Bentuk penilaian ini  termasuk penilaian sumatif seperti ujian semester, ujian sekolah dan ujian nasional.


Itulah tujuh tip yang dapat kita gunakan dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran kita efektif. Semoga kita sebagai guru dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif sehingga siswa kita menjadi generasi yang sehat fisiknya, cerdas akalnya dan baik perilakunya.
#30harimenulis
#hari1
#onepostoneday

2 komentar:

  1. mantab... oke banget deh bu ndes... keep writing, keep fighting.

    BalasHapus
  2. tambahan aja.. plus evaluasi pengajaran bagi gurunya dari masukan siswa dan teman sejawat, akan lebih cool

    BalasHapus