Minggu, 29 Oktober 2017

Penulis yang menginpirasi

PENULIS WANITA YANG PENUH INSPIRASI

Asma Nadia merupakan seorang penulis wanita yang banyak menghasilkan karya. Setiap tulisan yang dibuatnya selalu bermuatan pesan moral, sehingga banyak memberikan manfaat bagi para pembacanya. Kepandaiannya dalam membuat cerita fiksi membuat namanya banayak di kenal semua orang. Berbagai penghargaan dan pergi ke luar negeri dia dapatkan karena keahliannya dalam menulis.

Wanita cantik ini merupakan putri kedua dari pasangan Amin Usmaan asal Aceh dan Maria Eri Susanti asal Medan. Kakak Asma Nadia, yaitu Helvy Tiana Rosa juga merupakan seorang penulis. Adiknya yang bernama Aeron Tomino juga mempunyai hobi sebagai penulis. Kegemaran membaca pada keluarga Asma Nadialah yang membuat mereka semua memiliki hobi sebagai penulis dan menghasilkan banyak karya bermutu. Hal ini sesuai dengan pepatah kitatidak akan bisamemberi bila tidak memiliki dan kita tidak bisa menulis bila dalam pikiran kita tidak berisi banyak ilmu dari membaca.

Setiap hasil yang diperoleh Asma Nadia, tentu melalui perjuangan yang tidak mudah. Sebagai penulis, Asma Nadia pun pernaah mengalami penolakan dalam menerbitkan karyanya dari penerbit mayor. Tapi semangat dan perjuangannya yang tidak pernah menyerah membuatnya membawa ke kesuksesan sebagai penulis best seller. Puluhan hasil karyanya laris bagaikan kacang goreng, dan hasil karyanya selalu dinantikan setiap pembaca.
Awal karir Asma Nadia dimulai dari cerpen yang dikirimnya ke majalah islami Annida. Cerpen islaminya diterima dan  dimuat dimajalah Anida karena berisikan hikmah dan memuat pesan moral yang baik. Kebahagian dan kebanggaan yang di rasakannya membuat Dia termotivasi untuk membuat dan mengirimkan karya berikutnya. Setiap naskahnya pun selalu di muat di majalah Islami tersebut.

Kecintaannya pada dunia menulis, membuat dia ingin berbagi pengalaman tentang menulis kepada setiap orang yang ingin menjadi penulis. Asma Nadia memutuskan membuat suatu perkumpulan penulis yang diberi nama  Forum Lingkar Pena (FLP). Melaui FLP banyak dihasilkan penulis-penulis muda dengan karya yang luar biasa. Berbagai pelatihan dan workshop kepenulisan dilakukan oleh Asma untuk menghasilkan penulis-penulis baru.
Selain menulis, Asma Nadia juga membuat lirik lagu bernuansa Islami. Hasil karyanya diantaranya terdapat dalam album Bestari I, Bestari II Tahun 1997 serta Bestari III tahun 2003, Snada the prestation, air mata bosnia, cinta Ilahi dan kaca diri.

Pada awal tahun 2009 Asma Nadia membuat penerbitan dengan nama Asma Nadia Publishing House. Beberapa buku hasil karyadibuat menjadi sebuah film. Buku tersebut yaitu emak Ingin Naik Haji, asslamualaikum Beijing dan Rumah Tanpa Jendela. Berbagai royalti dan keuntungan yang didapatkannya disumbangkan ke panti sosial dan kemanuisan. Keuntungan dari buku dan film Emak ingin naik Haji juga disumbangkan bagi umat islam kurang mampu yang berkeinginan untuk naik haji.

Jiwa kepenulisan sudah melekat kuat dalam diri Asma Nadia,berbagai kegiatannya selalu berhubungan dengan tulis menulis. Dalam rangka meningkatkan daya baca Masyarakat Indonesia, Asma Nadia melalui yayasannya merintis rumah baca Asma Nadia yang tesebar di seluruh provinsi di Nusantara. Beberapa rumah baca Asma Nadia memiliki sekolah dan kelas komputer dan tempat tinggal gratis bagi anak-anak yatim. Rumah baca tersebut dikelola Asma Nadia bersama para sukarelawan di seluruh Negeri Pertiwi.

Itulah salah satu penulis kesukaan Saya, semoga kita semua nya bisa seperti Asma Nadia. Penulis yang mempunyai banyak karya, menginspirasi dan berjiwa sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar