Minggu, 22 Oktober 2017

Makanan khas Bogor

MAKANAN KHAS BOGOR

Bogor merupakan salah satu kota dan kabupaten  di provinsi Jawa Barat. Kawasan Bogor dikelilingi oleh pegunungan sehingga cuacanya sejuk di bandingkan dengan kota Tangerang dan Jakarta. Bogor terkenal dengan julukan kota hujan karena memiliki curah hujan yang tinggi. Hujan lebat di Bogor sering kali menjadi penyebab banjirnya kota Jakarta, karena letak kota Jakarta yang lebih rendah dari pada kota Bogor.

Makanan khas Bogor sangat bervariasi, ada roti unyil, toge goreng, asinan bogor dan soto mie bogor. Salah satu buah tangan primadona khas Bogor adalah roti unyil.  Roti ini diberi nama roti unyil karena ukurannya yang kecil sehingga bisa dimakan sekali suap. Pilihan rasa dari roti unyil banyak sekali, ada keju pisang, kismis, keju coklat, kacang keju dan masih banyak lagi. Kemasannya berupa kardus kecil yang sangat praktis dibawa kemana-mana,sehingga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan.

Makanan khas Bogor yang lainnya yaitu toge goreng.  Makanan ini sangat pas dimakan saat cuaca panas maupun dingin. Meskipun namanya toge goreng, tapi makanan ini tidak dimasak dengan cara digoreng dalam minyak. Pemasakannya hanya direbus dengan ditambahkan tahu dan mie kuning. Bumbu dari toge goreng berbahan dasar oncom dan tauco serta kecap manis yang membuat segar dan gurih di lidah. Penyajian makanan ini biasanya dalam sebuah piring yang di alasi daun.

Asinan bogor adalah makanan khas bogor yang sangat pas dimakan saat cuaca panas. Bumbu cabe merah dengan perpaduan gula dan garam yang pas membuat makanan ini selalu dijadikan buah tangan saat berkunjung ke bogor. Tambahan kacang tanah goreng pada asianan bogor menambah rasa gurih pada makanan ini. Terdapat dua pilihan asinan bogor, yaitu asinan sayuran dan buah-buahan. Asinan sayuran berisi wortel, kol, toge, dan tahu kuning. Asinan buah berisi bermacam-macam buah seperti bengkuang, nenas, pepaya, jambu air, salak dan mangga.

Makanan khas bogor yang berikutnya adalah soto mie bogor. Makanan ini berupa mie kuning yang diberi irisan kol dan  tomat dengan kuah bening. Irisan daging pada soto mie bogor membuat makanan ini pas untuk dijadikan menu makan siang. Perasan jeruk nipis menjadi pelengkap dan membuat makanan ini segar di lidah saat disantap. Itulah beberapa makanan khas Bogor yang bisa saya tuliskan, semoga membuat para pembaca penasaran dan ingin mencicipi rasanya.


#Tantangan ODOP minggu ke 4#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar