Senin, 23 Oktober 2017

Buruk sangka

BURUK SANGKA

Buruk sangka atau suudzon adalah sebuah pemikiran yang negatif terhadap orang lain. Orang yang memiliki sifat ini menganggap semua yang dilakukan oleh seseorang salah. Dia akan kehilangan kepercayaan pada setiap orang, dan menarik diri untuk berinteraksi dalam masyarakat. Apa yang dilakukan orang lain akan ditapsirkan salah oleh nya.

Dalam Islam buruk sangka adalah hal yang dilarang dan harus dijauhi, sebagaimana firman Alllah SWT yang artinya “ Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain (QS. Al-Hujurat:12). Rasullulah SAW juga mengingatkan akan bahayanya buruk sangka dalam sebuah hadist yang artinya “ berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan.
Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara (H.R Bukhari dan Muslim)

Dari ayat Al-Quran dan hadist di atas, jelas sekali kalau buruk sangka adalah hal yang harus dihindari dan terlarang. Larangan tersebut tentu untuk melindungi kita manusia dari kenistaan dan kehancuran. Adapun menurut blogmamaen akibat buruk dari buruk sangka adalah :
1. Mengganggu jiwa dan kesehatan jiwa
Orang yang berburuk sangka akan tidak tenang hidupnya . Dia akan merasa was-was dan ketakutan akan sesuatu yang belum pasti.
2. Merusak diri
Keresahan dan ketakutan akan senantiasa menghantui orang yang berprasangka buruk. Dia akan membentengi dirinya dengan mengurung diri dan tenggelam dalam rasa takut yang dibuatnya sendiri.
3. Sulit bahagia
Kebahagian akan sulit didapatkan oleh orang yang berburuk sangka. Setiap orang dianggapnya lawan yang akan menghancurkannya, sehingga dia tidak bisa hidup rukun dan damai bersama orang lain .
4. Tidak produktif
Orang yang berburuk sangka akan selalu fokus dengan kesalahan orang. Memikirkannya dan menggunjingkan keburukan orang menjadi kebiasaan yang akan menghabiskan waktunya. Tujuan hidupnya pun akan sulit tercapai.

Demikianlah sedikit informasi tentang buruk sangka. Semoga artikel pendek ini bermanfaat. Mohon masukannya untuk pengembangan tulisan berikutnya . terimakasih

Sumber :  
https://almanhaj.or.id/3196-hukum-berburuk-sangka-dan-mencari-cari-kesalahan.html
http://www.blogmamen.com/2011/11/inilah-7-bahaya-beburuk-sangka.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar