Minggu, 22 Oktober 2017

Pentingnt tabayun

PENTINGNYA TABAYUN/KLARIFIKASI

Di era sekarang ini,perkembangan tenologi yang tinggi tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga memberikan dampak negatif. Semakin mudahnya komunikasi menyebabkan seseorang yang  berjauhan mudah saling berkomunikasi. Berita apapun begitu cepat menyebar. Penerima pesan sering kali tidak mengecek kebenaran pesan yang diterimanya. Dia langsung menerima dan menyebarkannya tanpa berpikir apa akibat dari tersebarnya pesan tersebut.

Sebelum komunikasi secepat sekarang ini. Islam sudah mengajarkan adab dalam berkomunikasi, sehinga tidak timbul masalah yaitu dengan tabayun atau istilah kita adalah klarifikasi. Klarifikasi maksudnya saat menerima informasi dari siapaun penerima pesan harus cek dan ricek kebenaran info tersebut. Info yang diterima tidak langsung dipercaya begitu saja. Hal ini seperti dalam firman Allah SWT yang artinya “ Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah (kebenarannya) dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. (Al-Hujurat: 6)

Dari ayat tersebut sangat jelas bahwa tabayun harus dilakukan. Dalam sebuah riwayat dari Qatadah disebutkan, “At-Tabayyun minaLlah wal ‘ajalatu Minasy Syaithan”, sikap tabayun merupakan perintah Allah, sementara sikap terburu-buru merupakan arahan syaitan.Selain sikap waspada dan tidak mudah percaya begitu saja terhadap sebuah informasi yang datang dari seorang fasik, Allah juga mengingatkan agar tidak menyebarkan berita yang tidak jelas sumbernya tersebut sebelum jelas kedudukannya. A llah swt berfirman, “Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir”. (Qaaf: 18).

Sumber: https://www.dakwatuna.com/2008/02/26/413/sikap-tabayyun-terhadap-informasi/#ixzz4wF6E74XI 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar