Aktivitas 3. Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
Keberagaman peserta didik secara umum terbagi atas tiga klasifikasi besar yaitu: (1) peserta didik reguler; (2) peserta didik berkebutuhan khusus; dan (3) peserta didik berkebutuhan layanan khusus. Peserta didik reguler adalah peserta didik yang tidak memiliki hambatan tertentu, misalnya hambatan fisik, mental kognitif, sensorik dan hambatan lainnya yang menyebabkan mereka mengalami kendala dalam mengikuti pembelajaran secara klasikal.
Peserta didik berkebutuhan khusus adalah peserta didik yang memiliki hambatan tertentu, seperti hambatan penglihatan, hambatan pendengaran, hambatan intelektual, hambatan fisik, hambatan dengan autistik, dan hambatan lainnya seperti anak hiperaktif, lamban belajar, rendah konsentrasi dan gangguan perilaku tertentu.
Peserta didik berkebutuhan layanan khusus adalah peserta didik yang mengalami hambatan secara eksternal, seperti anak korban bencana alam, anak korban HIV, anak korban kekerasan rumah tangga dan lingkungan. Adapun peserta didik berkebutuhan khusus memiliki karakteristik spesifik yang perlu kita pahami.
Untuk lebih memahami tentang Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Silakan unduh dan pelajari materi berikut, klik tombol di bawah ini
Question 1 of 1
Apakah anda pernah mengajar atau bertemu dengan peserta didik
berkebutuhan khusus di kelas atau sekolah anda? Apabila ya, karakteristik apa
yang anda temukan dari peserta didik tersebut? Apabila tidak, karakteristik
peserta didik berkebutuhan khusus seperti apa yang menurut anda sulit untuk
diobservasi?
Tuliskan minimal 150 kata
Tidak ada komentar:
Posting Komentar