Senin, 10 Mei 2021

Pendidikan Inklusi Hari ke 4

 

Aktivitas 1. Stimulus Pembelajaran

Anda tentu tidak asing dengan penyebutan Pendidikan Inklusif. Apakah Anda tahu apa itu Pendidikan Inklusif? Apakah Pendidikan Inklusif memiliki landasan yang kuat dalam penerapannya? Apakah sekolah penyelenggara pendidikan inklusif memang benar-benar diperlukan? Mari kita cari tahu tentang hal tersebut dalam materi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif. Tetapi sebelum itu, mari kita saksikan video berikut:


Aktivitas 2. Pengantar Sapaan – Konsep Dasar Pendidikan Inklusif

Setelah anda menyaksikan video tersebut, apa yang anda rasakan jika hal tersebut terjadi pada anak, saudara, atau bahkan Anda sendiri? Apakah Anda akan merasa baik-baik saja dengan kondisi itu? Ataukah harus ada solusi dari yang dialami oleh peserta didik berkebutuhan khusus tersebut? Mari kita cari tahu bersama dengan mempelajari materi tentang Konsep Dasar Pendidikan Inklusif.

Silakan menuju aktivitas berikutnya

Aktivitas 3. Pengantar Alur Pembelajaran – Konsep Dasar Pendidikan Inklusif

Kegiatan pada topik Konsep Dasar Pendidikan Inklusif ini, Anda diminta melakukan serangkaian kegiatan yang akan membantu Anda dalam memahami hakikat pendidikan inklusif, sekolah ramah anak, dan mekanisme layanan PDBK di sekolah penyelnggara pendidikan inklusif. Kegiatan pada topik ini penting bagi Anda, karena akan menjadi dasar bagi Anda dalam memahami konsep materi selanjutnya yang lebih mendalam tentang pendidikan inklusif.

Untuk lebih memahami materi yang akan Anda pelajari pada topik ini, Anda diharapkan dapat mempelajari setiap tahapan dengan seksama. Sehingga, dalam kegiatan tersebut terjadi transfer pengetahuan yang akan memperkaya pemahaman Anda terkait dengan hakikat pendidikan inklusif, sekolah ramah anak, dan mekanisme layanan PDBK di sekolah inklusif.

Alur kegiatan setiap topik digambarkan melalui diagram berikut:

Silakan menuju ke aktivitas berikutnya

Aktivitas 4. Hakikat Pendidikan Inklusif

Pendidikan inklusif merupakan pendekatan untuk mengubah sistem pendidikan agar dapat mengakomodasi peserta didik yang sangat beragam. Tujuannya, agar guru maupun peserta didik merasa nyaman dengan adanya perbedaan dan memandangnya sebagai tantangan dan pengayaan dalam lingkungan belajar, dan bukan menganggapnya sebagai masalah. Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif menyediakan program pendidikan yang layak, menantang, tetapi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan setiap peserta didik maupun bantuan dan dukungan yang dapat diberikan oleh para guru agar peserta didik berhasil. Lebih dari itu, sekolah penyelenggara pendidikan inklusif juga merupakan tempat setiap anak dapat diterima, menjadi bagian dari kelas tersebut, dan saling membantu dengan guru dan teman sebayanya, maupun anggota masyarakat lainnya agar kebutuhan individunya terpenuhi.

Untuk lebih memahami tentang Hakikat Pendidikan Inklusif, silakan mari unduh dan pelajari materi berikut, klik tombol di bawah ini







Aktivitas 5. Sekolah Ramah Anak

Konsep Sekolah Ramah Anak didefinisikan sebagai program untuk mewujudkan kondisi aman, bersih, sehat, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup, yang mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya, selama anak berada di satuan pendidikan, serta mendukung partisipasi anak  terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran dan pengawasan. Prinsip utama sekolah ramah anak adalah bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Untuk lebih memahami tentang Sekolah Ramah Anak, silakan unduh dan pelajari materi berikut:

Klik tombol di bawah ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar