Senin, 10 Mei 2021

Pendidikan Induksi hari ke 6

 

Aktivitas 2 Pengantar Alur Pembelajaran – Sistem Layanan Pembelajaran

Untuk lebih memahami materi yang akan Anda pelajari pada topik ini, Anda dapat mempelajari setiap tahapan dengan seksama. Sehingga, dalam kegiatan tersebut terjadi transfer pengetahuan yang akan memperkaya pemahaman Anda terkait dengan identifikasi, asesmen dan planning matrik, akomodasi kurikulum dan PPI bagi peserta didik di sekolah inklusif.

Alur kegiatan setiap topik digambarkan melalui diagram berikut:

Silakan menuju ke aktivitas berikutnya

Aktivitas 3 Identifikasi

Istilah identifikasi erat hubungannya dengan kata mengenali, menandai, dan menemukan. Kegiatan mengidentifikasi adalah kegiatan untuk mengenal dan menandai sesuatu. Dalam pendidikan khusus, identifikasi merupakan langkah awal yang sangat penting untuk menandai anak-anak yang mengalami kebutuhan khusus. 

Menemukan dan mengenali anak-anak berkebutuhan khusus sudah barang tentu membutuhkan perhatian serius. Ada anak-anak yang dengan mudah dapat dikenali sebagai anak berkebutuhan khusus, tetapi ada juga yang membutuhkan pendekatan dan peralatan khusus untuk menentukan, bahwa anak tersebut tergolong anak berkebutuhan khusus. Anak-anak yang mengalami gangguan/hambatan fisik misalnya, dapat dikenali dengan keberadaan fisiknya, sebaliknya untuk anak-anak yang mengalami hambatan dalam segi intelektual maupun emosional memerlukan instrumen dan alasan yang rasional untuk dapat menentukan keberadaannya.  Untuk lebih memahami tentang “Identifikasi”, mari unduh dan pelajari materi berikut

Silahkan di klik    : Unduh materi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar