Minggu, 19 November 2017

Report seminar nasional

SEMINAR NASIONAL 2

Pada hari selasa- jumat tanggal 7-10 November 2017 bertempat di hotel Kartika Candra Jakarta berlangsung acara seminar nasional 2. Disebut seminar 2 karena sebelumnya pernah berlangsung acara seminar 1 dengan tema perlindungan dan kesejahteraan Guru. Acara seminar Nasional 2 ini diikuti oleh para Guru SD dan SMP berprestasi dari seluruh Indonesia. Para peserta merupakan para guru yang lolos seleksi secara online dengan syarat mengirimkan artikel ilmiah. Proses seleksi artikel dilihat dari similarity, citacy dan dinyatakan layak oleh reviewer  untuk dipersentasikan atau disajikan dalam bentuk poster pada acara seminar nasional 2. Jumlah peserta yang mengikuti acara berjumlah 239 orang dari 700 peserta yang mengirimkan berkas.

Tema acara seminar nasional 2 adalah “Membangun Guru Pendidikan Dasar yang profesional dan berkarakter”. Adapun artikel yang diujikan pada seminar nasional 2 terdiri dari 10 tema. Tema pertama pengembangan karir guru. Tema kedua pengembangan kompetensi gur. Tema ketiga penguatan pendidikan karakter. Tema keempat peningkatan mutu pembelajaran. Tema kelima pengembangan literasi dasar. Tema keenam pedagogik literasi digital. Tema ke tujuh pembelajaran berbantuan teknologi informasi. Tema kedelapan pembelajaran berbantuan digital bergerak (mobile learning). Tema kesembilan perlindungan Guru. Tema kesepuluh pengembangan keterampilan abad 21.

Hari pertama, selasa jam 14.00-16.00 adalah acara registrasi. Jam 16.00-17.30 merupakan acara pembukaan dan penjelasan materi oleh plt. Dirjen GTK. Acara selanjutnya 18.00-19.30 istirahat solat magrib, dan 19.30-21.00 penjelasan teknis seminar yang diisi oleh panitia. Secara teknis peserta dibagi dalam 4 kelas yang terdiri dari 60 orang dalam masing-masing kelas. Pembagian kelas dilakukan berdasarkan abjad nama, dan saya masuk ke dalam kelas A berdasarkan nama yaitu Desi Diana. Acara pada hari pertama ini berlangsung secara tepat waktu dan berjalan lancar.

Hari kedua, acara inti mulai berlangsung di kelas masing-masing. Acara dimulai dari 08.00-10.00 yaitu persentasi artikel sesion 1 oleh 5 pemakalah. Acara di kelas A dipimpin oleh Pak Undang sebagai moderator dari Universitas Negeri Lampung (UNILA) dan Bu Elin sebagai notulen dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Jam 10.00-10.15 coffe break dan dilanjutkan 10.15-12.15 persentasi sesion 2 oleh 4 pemakalah. Pukul 12.15-13.30 istirahat solat duhur. Acara inti selanjutnya dilakukan pada pukul 13.30-15.30 yang diisi dengan display poster, dimana para guru yang membuat poster memamerkan dan menjelaskan isi poster kepada semua guru presenter yang berkunjung. Jam15.30-15.45 acara istirahat solat asar, kemudian 15.45-17.45 acara dilanjutkan dengan persentasi sesion 3 oleh 3 pemakalah. Acara berikutnya istirahat solat magrib dari 17.45-19.30. Acara inti dimulai lagi dengan persentasi 5 orang pemakalah dari 19.30-21.30.  Para guru pun bisa beristirahat dan menikmati suasana malam di Jakarta.

Hari ketiga, Kamis acara inti dimulai kembali tepat pukul 08.00-10.00 dengan persentasi 5 pemakalah dan diumumkan 10 poster terbaik. Coffe break 10.00-10.15 dan 10.15-12.15 dilakukan display 10 poster terbaik yang dikunjungi oleh semua Guru. Persentasi dan display poster pada hari ini merupakan penilian akhir 3 pemakalah dan 3 poster terbaik. Istirahat solat duhur dilakuakan dari 12.15-13.30, kemudian jam 13.30-15.30 berlangsung acara seminar yang dipandu oleh Pak Undang selaku moderator dan diisi oleh 4 orang pemakalah utama yaitu
1. Direktorat Jendral GTK : Bapak Sumarna Surapranata,Ph.d
2. Prof. Dr. Agus Suyatna dari Universitas Lampung
3. Prof. Dr. Siti masitoh dari Universitas Negeri Surabaya
4. Prof. Dr. Abdulrahman.A.Ghani,M.Pd dari UHAMKA Jakarta

Bapak Sumarna menjadi pembicara pertama pada  acara seminar 2. Beliau menyampaiakan materi tentang “guru profesional dan berkarakter” sesuai dengan tema acara seminar nasional 2. Pak Sumarna menjelaskaan pengertian guru profesional dengan mengutif dari Huntington (1957). Seorang guru profesional adalah guru yang memiliki karakteristik expertise (keahlian), corporateness (Jiwa kesejawatan), responsibility (tanggung jawab). Selain itu, Guru profesional juga harus sesuai dengan standar profesi guru  yang terdapat dalam UU no 14/2015 yaitu pendidikan S1 sesuai bidangnya, memiliki kompetensi (pedagogik, kepribadian, sosial dll) dan tersertifikasi. Karakter merupakan salah satu kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh Guru dan Siswa. Adapun karakter yang harus dimiliki Guru yaitu religius, nasionalis, integritas, gotong royong dan mandiri.

Pemateri kedua disampaikan oleh Pak Agus  dengan materi “pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam  wahana untuk menumbuhkan kemampuan berpikir,bersikap, dan bertindak ilmiah”. Pembelajaran IPA harus lebih banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintific dan menggunakan model inkuiri sehingga keterampilan proses sains (KPS) siswa meningkat. Penggunaan komputer dalam media pembelajaran juga sangat penting dalam menjelasakan konsep IPA kepada Siswa.

Pemateri ketiga, Ibu Masitoh menyampaikan materi tentang “pemanfaatan  phone seluler sebagai media pembelajaran berwawasan literasai digital suatu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran”. Hasil survey kementrian komunikasi dan informatika (2014) kepada 30 juta anak usia 10-19 tahun menunjukkan hasil 52% responden mengakses internet menggunakan ponsel. Kenyataan ini harus digunakan oleh guru dengan membuat  multimedia pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan. Adapun hal yang harus diperhatikan dalam membuat mulimedia yaitu tujuan pembelajarn (kompeten siswa), karakteristik materi ajar, proses  pembelajaran, fasilitas dan media yang tersedia, karakteristik siswa dan ketersediaan waktu.

Pemateri keempat yaitu Prof. Abdurahman yang memberikan materi tentang “membangun guru pendidikan dasar yang profesional dan berkarakter”. Menurut Prof Abdurahman guru profesional itu sesuai dengan pasal 1/UU 14/2005 yaitu seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidangnya dan mempunyai sikap yang baik dalam melaksanakan tugasnya. Profesionalitas guru tidak terjadi secara almiah tetapi harus diupayakan dan dibangun oleh guru sendiri. Karakter merupakan pondasi yang memberi arah semua atribut yang dimiliki seseorang. Guru yang berkarakter adalah guru yang berpikiran terbuka, mau mengembangkan diri dan belajar dari siapapun dalam situasi apapun.

Pemaparan materi oleh pemakalah utama berlangsung sekitar 20 menit per orang. Kemudian dilanjutkan diskusi. Acara berlagsung seru hingga pukul 16.00. Kemudian acara selanjutnya istirahat solat asar dan  coffe break  selama 30 menit. Acara selanjutnya refleksi seminar yang diisi dengan meminta masukan dari para peserta seminar sampai jam 17. 45. Setelah solat magrib acara dilanjutkan lagi dari 19.30-21.30 dengan penyusunan  proseding  artikel hasil karya para peserta.

Hari terakhir hari jumat, adalah  penutupan dan pengumuman 3 peserta terbaik sebagai presenter dan 3 penyaji poster terbaik dari masing-masing kelas. Acara selanjutnya pembagian sertifikat dan foto-foto serta penyelesaian administrasi. Setelah itu, peserta bisa kembali ke daerahnya masing-masing untuk bertemu dengan keluarganya. Sekian report dari saya. terimakasih





Tidak ada komentar:

Posting Komentar