Sabtu, 04 November 2017

Pentingnya IQ,EQ dan SQ

PENTINGNYA
INTELLIGENCE , EMOTIONAL AND SPIRITUAL QUOTIEN (IESQ)

Setiap manusia pasti ingin hidup sukses dan bahagia. Berbagai cara dilakukan untuk mencapainya. Jalan baik dan buruk kadang tidak diperdulikan, asalkan tujuan tercapai.  Menghalalkan berbagai cara untuk mencapai tujuan  tentu bukan jalan yang tepat. Kebahagian yang dirasakan hanya sesaat dan akan berujung penyesalan.
Kecerdasan intelegensi, emosi dan spiritual penting digunakan, sehingga kita tidak salah jalan dalam mencapai kesuksesan dan kebahagian. Apa kecerdasan intelejensi, emosi dan spiritual dan bagaimana mengelolanya akan coba saya jelaskan dari berbagai referensi yang saya baca.
Intelligence Quotien (IQ)
IQ merupakan kecerdasan intelektual yang mengukur kemampuan kognitif seseorang. Inti kecerdasan intelektual adalah otak, yang memiliki bermilyar sel otak yang saling berhubungan. Meskipun ukurannya sangat kecil, otak memiliki kemampuan menyimpan banyak memori dan dapat bertahan sangat lama. Kecerdasan intelektual sangat berhubungan dengan daya tangkap seseorang dalam mengingat dan memahami suatu ilmu pengetahuan. Daya ingat atau kecerdasan intelegensi ini dipengaruhi oleh faktor keturunan dan juga zat gizi yang terdapat dalam makanan. Manusiay ang memiliki IQ tinggi biasanya dijuluki orang pintar ataucerdas.

Emotional Quotien (EQ)
Menurut Daniel Goelman (1995) setiap manusia memiliki pikiran rasional yang digerakan oleh IQ dan pikiran emosional yang digerakan oleh EQ. Goelman juga mengatakan bahwa kesuksesan seseorang 20% ditentukan oleh IQ dan 80 % oleh EQ. Jadi apakah EQ itu, mengapa begitu penting peranannya?. EQ merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali dan mengendalikan emosinya serta mengenali dan memahami emosi orang lain. Contoh emosi adalah perasaan sedih, senang, benci, marah,takut, kecewa dan sebagainya. Seseorang yang memiliki EQ baik, akan dapat menguasai dirinya dan dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain. Dia mampu mengelola emosinya baik dalam suasanas enang maupun  tidak senang.

Spiritual Quotien (SQ)
Kecerdasan yang ketiga yaitu SQ, merupakan kecerdasan yang tidak kalah pentingnya dengan dua kecerdasan yang lain. Menurut Ari Ginanjar (2007) SQ adalah kemampuan untuk memberi makna ibadah pada setaip perilaku kegiatan melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah menuju manusia seutuhnya atau hanif. Adapun menurut Toto Tasmara kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang untuk mendengarkan suara hati nuraninya, baik, buruk dan rasa moral dalam cara menempatkan diri dari pergaulan. Dari kedua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa SQ merupakan kecerdasan tertinggi dari diri manusia yang dapat mengelola intelegensi dan emosinya, sehingga ditemukan nilai ibadah dalam setiap aktivitasnya untuk mencapai kebahagian hakiki. SQ tidak akan tercapai tanpa adanya IQ dan EQ. Kerjasama yang baik antara IQ, EQ dan SQ dapat menciptakan manusia yang sehat secara fisik, cerdas secara akal, santun dan pemurah hatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar