Sabtu, 30 September 2017

Tugas ODOP 3

SAGUSAKU

 Satu guru satu buku (sagusaku) merupakan salah satu program dari ikatan Guru Indonesia (IGI) yang mempunyai tujuan untuk mendorong guru-guru Indonesia bisa menulis buku. Program ini diselenggarakan di seluruh provinsi di Indonesia. Peserta kegiatan ini semuanya adalah guru-guru yang tertarik mengasah keterampilan dalam dunia menulis.

Tuntutan undang-undang guru dan dosen mengharuskan para guru membuat suatu karya ilmiah saat akan naik pangkat. Bagi guru yang tidak terbiasa menulis, kebijakan tersebut menghambat mereka untuk naik pangkat. Beberapa guru melakukan kecurangan dengan menjiplak hasil karya orang lain. Hal tersebut, menginsirasi IGI untuk meluncurkan program sagusaku. Harapannya dengan pelatihan ini tidak ada lagi plagiarisme yang dilakukan oleh guru ketika membuat karya tulis seperti penelitian tindakan kelas (PTK) dalam memenuhi angka kredit untuk kenaikan pangkat.


Kegiatan sagusaku banyak menarik minat para guru, hasilnya para alumni sagusaku bisa menulis dan menerbitkan buku hasil karyanya sendiri.  Kegiatan seminar dan pameran dihiasi dengan buku hasil karya alumni sagusaku. Acara besar internasional seperti Global educational Supplie & Solution (GESS) juga dimeriahkan oleh acara sagusaku dengan launcing Nasional 100 buku  hasil penulis alumni sagusaku. Penyematan dan pengargaan dari kementrian pendidikan Nasional dilakukan kepada 100 penulis alumni sagusaku. Semoga semakin banyak Guru yang dapat menulis dan menerbitkan bukunya sendiri, sehingga semakin jaya budaya literasi di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar