Senin, 25 September 2017

Tugas ODOP 2

KIAT HIDUP TENANG DAN DAMAI

Setiap kita menginginkan ketenangan dan kedamaian dalam hidup, berbagai cara dilakukan untuk meraihnya. Pergi ke tempat wisata, pergi ke mall, nonton bioskopmenjadi salah satu cara yang dilakukan. Setiap orang punya cara sendiri untuk meraihnya. Benarkah cara tersebut efektif membuat hidup kita tenang dan damai?. Bukankah hanya saat kita menikmati kegiatan tersebut pikiran kita menjadi tenang dan teralihkan dari setiap persolan hidup. Selepas kegiatan tersebut, kembali pikiran kita menjadi tidak tenang. Adakah cara efektif agar hidup kita tenang dan damai?.Mau tau caranya ?. baca terus ya tulisan ini

Letaknya kedamaian adalah di dalam hati. Bagi umat islam tentu sudah hapal dengan hadist Rasulallulah SAW yang artinya dalam diri manusia ada segumpal daging, mana kala ia baik, maka baiklah seluruh tubuh dan manakala ia buruk, maka buruklah seluruh tubuh, segumpal daging itu adalah hati. Dari hadist tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa tenang atau gundahnya diri kita disebabkan oleh hati, jadi yang namanya hati ini harus kita jaga dengan baik biar kita merasakan ketenangan hidup. Bagaimana caranya?

Cara menjaga hati sebenarnya sudah banyak dan sering kita dengar. Salah satunya ayat Al-Quran yang artinya :  hanya dengan mengingat Akulah (Allah SWT) hati akan menjadi tenang.  Jadi kuncinya harus ingat dan taat sama Tuhan yang menciptakan kita. Tubuh ita diciptakan dari tanah, butuh makanan dari tanah seperti air, nasi, buah-buahan yang semuanya berasal dari tanah. Begitupun dengan hati kita butuh makanan yang sumabernya dari asal pembuatannya. Pertanyaannya dari mana hati kita dibuat hati terbuat dari daging, tapi ada yang lebih bermakna dari hanay sekedar daging yaitu ruh atau jiwa yang embedakan orang hidup dengan orang mati. Ruh yang ada di hati kita berasal dari ALLAh SWT, jadi makanannhyapun harusberasal dari ALLAh. Apa ya makanannya, ya kalau kita bilangnya ibadah seperti solat, puasa, baca kuran, berdzikir, sedekah, dan amalan baik lainnya. Itulah makanan hati. Sudahkah kita memberi makan hati kita setiap hari seperti memberi makan badan kita?. Kalau belum mari perhatikan hati kita dengan ibadah wajib dan ibadah sunah, dijamin deh hidupakan terasa damai dan tenang. Masalah sebesar apapun yang  datang akan terasa keccil, karenakita dibantu Allah dalam mengatasinya... sekian dulu ya tulisan sederhanadari hamba yang dhoif ini.

Bogor, 26 Oktober 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar