Jumat, 13 November 2020

 

1.2.b.10. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak


SINTESIS ANTAR MATERI MODUL 1.2 NILAI & PERAN GURU PENGGERAK




                                                                   Gambar 1. Guru Penggerak
                                                            


Guru Penggerak merupakan salah satu program merdeka belajar episode lima dari KEMENDIKBUD. Program ini bertujuan untuk memajukan pendidikan indonesia melalui pendidikan guru selama sembilan bulan. pada kegiatan ini guru dilatih untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan membuat ekosistem pendidikan yang menunjang keberhasilan siswa. 

Pendidikan guru penggerak fokus pada dampak hasil belajar siswa melalui peningkatan kompetensi pedagogis dan kepemimpinan guru. Hasil belajar siswa yang diharapkan bukan hanya peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Tujuan dari hasil belajar siswa yang diharapkan adalah tercapainya profil pelajar pancasila. Pelajar pancasila memiliki profil yaitu sebagai berikut: 
1. Beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berahlak mulia
2. Berkebinekaan global
3. Bergotong royong
4. Kreatif
5. Bernalar kritis
6. Mandiri


Gambar 2 Profil Pelajar Pancasila


Untuk lebih jelasnya tentang Profil pelajar pancasila silahkan klik link berikut profil pelajar pancasila

Pendidikan  guru penggerak di mulai pada bulan oktober oktober 2020. Pada bulan oktober sampai desember 2020 calon guru penggerak harus menyelesaikan 2 modul.  Modul 1 dipelajari dari 15 Oktober- 15 November 2020. Kegiatan pembelajaran 70% dilaksanakan secara online dan 30% offline. Kegiatan online dilaksanakan di LMS dan meeting melalui google meet. Kegiatan Offline dilakukan di sekolah calon guru penggerak masing-masing dengan melakukan pendampingan, aksi nyata dan lokakarya. 

Modul 1.1 mempelajari tentang filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara. Semua pemikiran dan filosofis Ki Hajar dalam pembelajaran dan pendidikan harus dipahami dan dipraktek kan dalam pembelajaran di kelas dan sekolah calon guru penggerak. Para Pendamping calon guru penggerak akan melakukan coaching untuk membantu calon guru penggerak melakukan aksi nyata tersebut. Adapun konsep pemikiran Ki Hajar yaitu 
1.Merdeka belajar, 
Menurut Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim merdeka belajar adalah kebebasan untuk melakukan inovasi, kebebasan untuk belajar dengan mandiri dan kreatif bagi  unit pendidikan yaitu guru, siswa dan sekolah (gtk.kemendikbud.go.id) 
2.Anak bukan kertas kosong,
"Anak mempunyai kodratnya sendiri, yang tidak bisa diubah oleh pendidik. Pendidik hanya bisa mengarahkan tumbuh kembangnya kodrat tersebut "(Bukik Setiawan)
3.Meng hamba pada sang anak,
Maksud dari berhamba pada sang anak adalah kita memperlakukan anak dengan rasa iklas, penuh cinta kasih dan rasa hormat. seperti kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya.
4. Menuntun/ among, 
Menuntun di sini maksudnya kita sebagai pendidik hanya bisa menunjukkan, mengarahkan dan membimbing sang anak tanpa bisa memaksa kehendaknya
5. Kodrat alam, 
 Kodrat alam disini maksudnya harus memperhatikan kodrat, bakat dan minat setiap anak dalam melakukan pendidikan dan pembelajaran
6.Kodrat zaman,
 Maksud dari kodrat zaman, bahwa pendidikan itu harus mengikuti perkembangan zaman. Ki Hazar Dewantara sering mengatakan didiklah anakmu sesuai dengan zamannya. Jadi sebagai pendidik kita harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

                                                             ------------------------------------------------

Materi yang dipelajari di modul 1.2 adalah nilai dan peran guru penggerak. Materi ini harus dipahami dan menjadi karakter calon guru penggerak. Karakter tersebut yaitu mandiri, reflektif, kolaborasi, inovatif dan berpihak pada sang murid. adapun penjelasan untuk masing-masing nilai dan peran tersebut yaitu :

1. Mandiri,
Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) mandiri yaitu keadaan dapat berdiri sendiri; tidak bergantung pada orang lain.
2. Refleksi, 
Refleksi dalam pembelajaran yaitu kegiatan melihat kembali dan mengkaji kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan, untuk menemukan berbagai kelebihan dan kelemahan diri dalam proses pembelajaran sehingga dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya
3. Inovatif,
Yaitu suatu usaha untuk menggunakan pemikiran, imajinasi, dan sumber daya yang dimilikinya serta di sekelilingnya untuk menghasilkan produk baru yang bermanfaat bagi semua orang. (Wahyudi, 2020)
4. Kolaboratif 
Kolaboratif menurut KBBI adalah kerjasama dengan semua orang untuk mencapai tujuan yang sama.
5. Berpihak pada murid
Mengutamakan kepentingan siswa dalam melakukan suatu kebijakan atau tindakan pembelajaran

Referensi:
1. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/
2.http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
3. https://kbbi.web.id/kolaborasi
4. https://www.kompasiana.com/ekogenshter/552feef86ea834b36b8b45ac/pengertian-kreatif-dan-inovatif
5. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/mengenal-konsep-merdeka-belajar-dan-guru-penggerak
6. http://bukik.com/ajaran-ki-hajar-dewantara/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar