Kamis, 12 November 2020

 

1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

SINTESIS MATERI MODUL 1.1

PEMIKIRAN DAN FILOSOFIS KI HAJAR DEWANTARA



                                                                                          Gambar 1. Ki Hajar dewantara

1.    Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?


Gambar 2

      Gambar 2.  Siswa Jenuh dan bosan
sumber: bidanku.com


Sebelum saya mempelajari modul ini saya menganggap murid seperti kertas kosong yang harus diberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Mereka harus diubah perilakunya sesuai dengan nilai dan peraturan yang berlaku.

Pemikiran saya tersebut, membuat saya banyak memberikan konten dan konsep dari materi yang saya ajarkan. Siswa diberikan banyak tugas untuk membaca dan mengerjakan soal dengan tujuan pengetahuan mereka bertambah, Selama proses pembelajaran siswa hanya pelaksana dari rencana pembelajaran yang saya buat. Mereka hanya pasif menerima setiap apa yang saya berikan.

Sikap atau karakter siswa di mata saya selalu jelek atau salah. Pandangan saya saat itu mereka nakal, pemalas, semangat belajar nya rendah, dan tidak mandiri.  Peraturan sering kali saya buat, tetapi banyak sekali siswa yang melanggar nya.

Pembentuk kan keterampilan siswa saya lakukan dengan memberikan praktikum melakukan berbagai percobaan. Mereka suka atau tidak, setuju atau tidak maka mereka harus terima.    


2.      Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini? 

Setelah mempelajari modul 1.1 saya menyadari pemikiran saya salah, ternyata siswa bukan kertas kosong. Mereka memiliki pemikiran, perasaan, keinginan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dimilikinya sebelum dia masuk ke sekolah. Mereka memiliki coretan tipis, Tugas saya adalah mempertegas coretan tersebut sesuai minat dan bakat mereka. Selaku guru saya tidak boleh memaksakan kehendak dan melupakan keinginan dan minat mereka. Pembelajaran harus memperhatikan pemikiran, minat dan keinginan siswa. Kami sebagai guru hanya membimbing, mengarahkan atau menuntun untuk menemukan potensi terbaik mereka untuk dikembangkan sehingga mereka hidup selamat dan bahagia

Pemikiran saya mulai terbuka, saya anggap mereka semua intan berharga dengan beragam keunikan nya masing-masing. Mereka memiliki minat dan potensi yang perlu dikembangkan. sebagai guru saya harus ber hamba kepada anak. Saya tidak mungkin bisa merubah kodrat yang sudah Tuhan berikan, saya hanya bisa menuntun dan menjadi sahabat bagi mereka.


Gambar 2. Aktivitas pembelajaran siswa
Sumber : Koleksi Pribadi

3.    Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?  

Saya akan menerapkan pemikiran Ki Hajar Dewantara di kelas saya. Langkah pertama yang saya terapkan adalah membuat kesepakatan bersama tentang proses pembelajaran di kelas bersama siswa. Saya akan menampung masukkan dan membuat kesepakatan bersama mereka. Saya menjadikan mereka subjek pembelajaran yang bisa mengeksplor apa yang mereka mau tentang ilmu yang akan dipelajari. Saya akan menuntun mengarahkan mereka untuk menemukan dan mengembangkan potensi mereka. Siswa saya akan lebih banyak melakukan aktivitas pembelajaran sehingga mereka bisa mnemukan sendiri konsep dan ketrampilan yang mereka butuhkan dan inginkan. Strategi pembelajaran akan saya rancang dengan berbagai model dan metode pembelajaran yang bervariatif sehingga dapat meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan mereka.



                                                   Gambar 3. Kelas yang Berpihak Pada Siswa

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar